Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut adalah mahkota bagi setiap manusia, khususnya bagi kita seorang wanita. Bagi wanita rambut dianggap sebagai hal yang sangat penting salah satunya dapat mempercantik diri. Rambut rontok yang parah dapat mengalami kebotakan. Tentu hal tersebut tidak kita inginkan, benarkan??

Penyebab terjadi rambut rontok adalah kurangnya perawatan atau perhatian lebih pada kesehatan. Rambut rontok bisa diderita banyak umur, baik orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak kerap terjadi.

Penyebab lainnya adalah:

1. Faktor Makanan

Makanan pedas dan berminyak mengakibatkan kelebihan minyak di kepala dan menjadikan rambut rontok atau akan bertambah masalah seperti munculnya ketombe.

2. Penggunaan Alat Rambut. Seperti: Hairdryer, sisir, mewarnai, dan penggunaan ikat rambut terlalu berlebihan.

3. Wanita Hamil

Wanita hamil dipengaruhi karena telogen effluvium yang bisa membuat rambut menjadi rontok. Masalah ini biasanya muncul setelah 3 bulan setelah melahirkan.

Nah, setelah kita mengetahui penyebab yang menjadikan rambut kita rontok, berikut ini kami berikan beberapa tips untuk mengatasi rambut rontok:

1. Bawang Putih

Bawang putih berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok. Caranya: Haluskan bawang putih dengan blender, kemudian dioleskan pada bagian rambut yang rontok sebelum tidur. Pagi harinya bilas dengan air ataupun keramas dengan shampoo penumbuh rambut akan lebih terasa efeknya. Untuk shampoonya disesuaikan dengan keinginan anda.

2. Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah terkenal dari zaman dulu dan hasilnya terpercaya, biasanya juga dipakai untuk menumbuhkan kumis maupun jenggot. Pemakaiannya pun mudah karna sekarang minyaknya sudah ada yang dikemas dalam botol, tinggal dipakai saja. Tapi ingat, harus yang original jangan yang abal-abal.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang identik untuk obat sakit tenggorakan ternyata juga bisa mengatasi rambut yang rontok. Caranya cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan, dan usapkan pada kulit kepala. Cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe secara cepat. Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keramas hingga bersih.

Sobat... beberapa tips di atas sederdana bukan?? Namun, harus dilakukan secara rutin. Satu catatan, bila tips ini tidak membuahkan hasil konsultasikan masalah Anda pada dokter.

Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    Tips.... :P

Posting Komentar