HILANGNYA KEPERAWANAN MENURUT ILMU FIQIH DAN KEDOKTERAN



HILANGNYA KEPERAWANAN MENURUT ILMU FIQIH
DAN KEDOKTERAN




Materi Kuliah: Aqidah Islamiyah
Dosen Pengampu: Ust.Tengku Azhar Lc

DisusunOleh:
Adibah Aghniya’
Nim: 014.09.0142
Aisyah Mujahidatul Islamiyah
Nim: 014.09.0144

PESANTREN TINGGI ISLAM PUTRI “ HIDAYATURRAHMAN”
PILANG MASARAN SRAGEN 2015




  1. PENDAHULUAN
            Segala Puji bagi Allah S.W.T, Rabb semesta alam yang telah melimpahkan banyak nikmat kepada hamba-Nya, adapun nikmat-Nya yang sangat luas yang tidak terhitung, diantaranya nikmat iman, islam, kesehatan dan kesempatan.
            Shalawat serta salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad S.A.W, keluarganya, para sahabat, Tabi’in, tabi’ut tabi’in, serta orang-orang yang senantiasa tsiqoh diatas jalannya.
Keperawanan merupakan hal yang sangat penting bagi perempuan karena disitulah letak kesucian akhlak dan kesempurnaan iman. Namun demikian, sebagaimana kenyataan hari ini dimana tidak sedikit perempuan yang menggumbar auratnya yang berharga. Pakaian yang semestinya dipakai anak usia lima tahun semakin digandrungi oleh gadis remaja dan lucunya ibu-ibu pun beramai-ramai mengenakan hal serupa. Bahkan yang paling mengkhawatirkan, tidak sedikit para wanita menyerahkan kepada laki-laki yang bukan suaminya. Mereka tidak akan lagi merasa malu ketika selaput daranya sudah terkoyak sebelum waktunya. Apalagi saat ini telah beredar selaput dara palsu, tentunya mereka akan dengan mudah mengganti dan mengelabui siapa pun

"Jagalah kesucian kalian, karena itu adalah kehormatan seorang wanita. Jagalah hingga tepat waktunya, ketika kalian telah sah bersama seorang pria yang bisa menjaga dan menghormati kalian. Setinggi apa kalian menghormati diri sendiri, setinggi itu jugalah orang lain akan menghormati kalian."
Di dalam  Al-Quran disebutkan :
Seorang laki-laki pezina tidaklah boleh mengawini kecuali perempuan yang pezina pula atau perempuan musyrik. Dan seorang perempuan pezina tidaklah boleh dinikahinya, kecuali laki-laki pezina atau musyrik, dan haram yang demikian itu atas orang-orang beriman” (Q.S. An-Nuur: 3).
Juga dalam Surat al-Maidah ayat 51, dijelaskan lagi : “Barang siapa yang berpihak kepada mereka dari kalangan kamu, Maka dia itu telah termasuk golongan mereka.
            Keperawanan tidak ada hubungannya dengan selaput dara seorang wanita baik dia sudah bersenggama ataupun belum.

 
  1. Pengertian perawan
Bahasa:  البكر    awal dari segala sesuatu ataupun mutiara yang belum dilubangi[1], kesucian (kemurnian) seorang gadis; kegadisan[2]

Istilah: wanita yang belum digauli dan belum hilang keperawanannya[3], atau wanita yang belum pecah selaput darahnya dan belum pernah disentuh oleh  laki-laki.[4]
Menurut Imam Madzhab:
1.      Hanafiyah
Yaitu disebabkan pernikahan dan bukan yang lainnya, wanita yang hilang keperawanan dikarenakan yang lainnya seperti: luka, akibat terjungkir dikategoarikan perawan asli baik secara hakikat maupun hukumnya.
2.      Malikiyah
Perawan adalah wanita yang belum pernah senggama dengan akad yang shahih atau akad yang rusak yang mendudukinya, sebagian paendapat  menyatakan perawan adalah istilah dari wanita yang belum hilang keperawanannya sama sekali.
  1. Syafi’iyah
Yaitu wanita yang telah hilang keperawanannya sebab persenggamaan yang halal seperti pernikahan atau diluar nikah (zina) dan dikarenakan persenggamaan yang syubhat saat tidur atau terjaga. Dan tidak mempengaruhi hilangnya keperawanan yang bukan akibat persenggamaan dialat kelaminnya seperti jatuh, kelancaran darah haid, dan menurut pendapat yang paling shahih bahkan akibat jari jemari dan sejenisnya alat lain yang dimasukkan, maka hukumnya yang demikian itu dihukumi wanita perawan.
Menurut ilmu kedokteran
Perawan atau virgin menurut pengertian medis berarti seseorang yang belum pernah melakukan hubungan seksual. Kalau sudah pernah, walaupun dia berdarah saat berhubungan seksual, maka dia disebut tidak perawan. Sebaliknya kalau belum pernah, walaupun tidak berdarah, maka dia disebut perawan.
Jadi berdarah atau tidaknya saat melakukan hubungan seksual bukan berarti seseorang tersebut dikatakan perawan.
  1. Hilangnya keperawanan
Sebagaimana telah dipaparkan sebelumnya bahwa keperawanan adalah wanita yang belum melakukan hubungan seksual baik melalui jalur pernikahan maupun diluar pernikahan. Dan hilangnya keperawanan berarti hilangnya masa gadis seorang wanita yang ditandai dengan sudah pernahnya melakukan hubungan seksual.
Keperawanan atau virginitas merupakan suatu kehormatan tertinggi bagi seorang wanita . Namun, karena beberapa hal yang sebagian tidak disadari oleh wanita itu sendiri, menyebabkan keperawan seorang gadis bisa hilang . jika sudah demikian, tidak menutup kemungkinan akan berdampak pada sisi psikis dan sosiologis gadis itu sendiri saat memasuki jenjang pernikahan.
1.      Adakah hubungan selaput dara dengan keperawanan
Keperawanan pada wanita sering diartikan sebagai keberadaan selaput dara, ketika selaput dara robek maka wanita maka didentikkan sebagai wanita yang sudah tidak perawan lagi. Padahal robeknya selaput darah dapat disesabkan oleh berbagai hal
Hal ini juga yang menyebabkan tidak semua wanita akan mengalami pendarahan saat berhubungan seksual untuk pertama kalinya. Sebagian wanita bisa jadi mengalami nyeri dan keluarnya darah akibat robeknya selaput dara, namun sebagian lain tidak demikian. Antara lain disebabkan lapisan tersebut sudah lebih dulu robek karena aktivitas lain.
Banyak wanita tidak mengetahui apakah selaput daranya sudah robek saat beraktivitas karena terkadang kondisi ini memang tidak menyebabkan rasa sakit atau pendarahan. Pendarahan saat berhubungan seksual pertama kali juga dapat diakibatkan hal lain, seperti vagina yang kering, akibat penggunaan mainan seks, atau hubungan seksual yang tidak dilakukan secara perlahan-lahan.
2.      Sebab hilangnya selaput dara
  1. Zina
Zina adalah persetubuhan yang dilakukan seorang laki-laki dan perempuan pada kemaluan depannya tanpa didasari dengan tali kepemilikan dan subhat kepemilikan[5].
  1. Diperkosa
Perkosa adalah paksa, gagah, kuat, perkasa[6], dalam Bahasa arab Pemerkosaan merupakan hubungna seksual dengan paksaan
Adapun wanita yang diperkosa, maka wanita tersebut tidak boleh dirajam dikarenakan terpaksa menurut jumhur ulama[7] ini berdasarkan fiman Allah S.W.T.,:
Janganlah kamu paksa budak-budak wanitamu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri mengingini kesucian, Karena kamu hendak mencari keuntungan duniawi. dan barangsiapa yang memaksa mereka, Maka Sesungguhnya Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (kepada mereka) sesudah mereka dipaksa itu”(QS.An-Nuur:33)
Ibnu qoyyim menyebutkan, pernah suatu ketika dihadapkan kepada Umar Ibnul Khottob R.A. seorang perempuan yang dalam ceritanya dalam keadaan kehausan. Kemudian dia berpas-pasan dengan pengembala dan meminta air kepadanya, akan tetapi pengembala enggan memberinya  air minum kecuali dengan syarat perempuan tersebut menyerahkan kehormatannya kepadanya. Mendengar permintaan pengembala tersebut, perempuan tersebut terpaksa menyanggupinya, lalu Umar Ibnul Khaththab R.A. bermusyawarah dengan orang-orang mengenai masalah apakah perempuan tersebut dirajam atau ataukah tidak kemudian Ali Ibnu Abi Tholib R.A. berkata: perempuan ini dalam kondisi darurat dan terpaksa, maka aku berpendapat  untuk membebaskanya. Allah S.W.T berfirman,”barang siapa dalam keadaan terpaksa sedang dia tidak menginginkannya dan tidak pula melampaui batas, sesunggunya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Al-An’am:145) mendengar saran Ali R.A ini, maka Umar Ibnu Khaththab R.A.pun lantas membebaskan perempuan tersebut.[8]
Sedangkan orang yang melakukan pemerkosaan dihukumi apabila:
  1. Pemerkosaan tanpa mengancam dengan menggunakan senjata
Orang yang melakukan tindak pemerkosaan semacam ini dihukumi sebagaimana hukuman orang yang berzina. Jika dia sudah menikah maka hukumannya berupa dirajam, dan jika belum menikah maka dia dihukumi cambuk 100 kali serta diasingkan selama satu tahun.
  1. Pemerkosaan dengan menggunakan senjata
Orang yang memerkosa dengan menggunakan senjata untuk mengancam, dihukumi sebagaimana perampok. Sementara, hukuman bagi perampok telah disebutkan oleh Allah dalam firman-Nya,
Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka didunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar,”(QS.Al-Maidah:33)
  1. Akibat kecelakaan fisik
Seorang perempuan apabila mengalami kecelakaan fisik seperti jatuh dari tangga atau tempat yang tinggi, olahraga yang berat (bela diri, senam, atraksi), melakukan pekerjaan yang berat.
  1. Melakukan masturbasi tidak aman
Misalnya memasukan sesuatu ke alat kelaminya, sehingga pecah selaput daranya. [9]
3.      Hukum operasi selaput dara
Selaput dara adalah lapisan kulit yang sangat tipis, merentang divagina wanita. Lapisan ini dapat menutupi seluruh atau sebagian mulut vagina. Bentuk ini bisa berubah jika selaput dara dalam keadaan elastisitas. Jika sudah cukup elastis maka bentuknya dapat kembali seperti semula. Namun sebagian wanita, bentuk selaput darahnya berbeda tergantung kepada aktivitas hormon.
            Operasi selaput dara atau mengembalikan keperawanan adalah memperbaiki dan mengembalikannya pada tempat semula sebelum sobek, atau pada tempat yang dekat dengannya.
            Secara umum dalam metode pengembalian hukum perbuatan manuasia, yang pertama dilakukan adalah meneliti nash-nash yang berkaitan dengannya. Jika tidak ditemukan, maka dilihat dari hal-hal yang menyerupai apa yang dijelaskan oleh nash-nash tersebut, kemudian diqiyaskan kepadanya. Jika tidak memungkinkan, maka dilakukan sebuah ijihad untuk menyimpulkan hukumnya dengan dilihat dari asas syari’at, tujuan dan kaidahnya secara umum, serta dilihat dari manfaat dan mudhorat yang dihasilkan dari perbuatan tersebut,dengan mentarjih sebagian atassebagian yang lain.
            Tidak diragukan bahwa masalah mengembalikan keperawanan adalah masalah baru yang tidak disebutkan dalam nash syari’at. Baik secara langsung ataupun tidak langsung,dan belum ada fuqohah yang menjelaskan hukumnya, karena hal tersebut belum pernah dibayangkan di masa mereka, dan tidak ada yang menyerupainya dimasa pensyari’atan sehingga memungkinkan qiyas atasnya.
            Demikianlah, dan untuk sampai pada penentuan hukum syari’at tentang pengembalian keperawanan ini, kita akan membahasnya dalam tiga bagian:
1.      Manfaat dan mudharat yang mungkin timbul akibat operasi selaput dara
A.     sisi positif dilakukannya operasi selaput dara
Jika melihat kepada tindakan ini darisegi pengarunhnya, dengan mempertimbangkan adat dan kebiasaan yang memberikan reaksi jika diketahui robeknya keperawanan, akan didapati beberapa manfaat yang sesuai dengan syari’at, diantaranya:
a.       Untuk menutupi aib
Menutup aib sendiri merupakan tujuan syari’at yang mulia. Menyelamatkan gadis ini dari tuduhan dan fitnah yang ditujukan kepadanya akibat tidak mempunyai selaput dara lagi, sekaligus menutupi aib yang menimpa dirinya. Hal ini sesuai dengan ruh Islam yang memerintahkan untuk menutupi aib saudaranya, dan telah ditekankan dalam beberapa nash dari sunnah Nabi saw, sebagaimana Nabi bersabda”
Tidaklah seseorang menutupi aib orang lain didunia, kecuali Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat”. ( HR. Muslim )
Namun, walaupun begitu, ada sebagian ulama yang tidak membolehkan gadis tersebut untuk melakukan operasi selaput dara, karena mungkin saja orang lain tahu bahwa gadis tersebut sudah rusak atau hilang selaput daranya dari pihak-pihak tertentu, sehingga tujuan untuk menutup aib menjadi tidak terwujud. Selain itu, aurat si gadis tadi akan dilihat oleh para dokter, padahal operasi ini bukanlah hal yang darurat. Sedangkan untuk menghindari fitnah dan tuduhan bisa saja dengan menjelaskan kepada masyarakat atau calon suami, bahwa selaput dara yang hilang tadi akibat kecelakaan, bukan akibat perbuatan zina.
b.      Melindungi keluarga
c.       Mencegah dari prasangka buruk
d.      Mewujudkan keadilan antara pria dan wanita
Tidak diragukan, bahwa mewujudkan keadilan antara manusia dihadapan hukum islam adalah salah satu tujuan syari’at, dengan pengecualian yang telah ditetapkan oleh dalil syari’at.
Sedangkan mengenai hilangnya keperawanan, tidak ditemukan satupun dari mereka yang menetapkannya sebagai bukti untuk menetapkan zina jika tidak dikuatkan dengan dalil yang lainnya. Suatu hukum syari’at tidaklah sempurna kecuali dengan hal itu, yaitu dengan menjadikan adat istiadat, kebiasaan dan hukum sosaial atas suatu perbuatan, sesuai dengan metode dan hukum-hukum syari’at yang diputuskan oleh seorang hakim dan diterapkan didalam pemerintahan.
Sesungguhnya, syari’at tidak menerapkan atas seorang gadis yang hilang keperawanannya hukuman apapun didunia, jika tidak dikuatkan dengan pengakuan darinya, atau persaksian dari empat saksi yang adil.
e.       Mendidik masyarakat
B.      Sisi-sisi negatif yang mungkin ditimbulkan
a.       Penipuan
b.      Mendorong perbuatan keji
c.       Membuka aurat
2.      Menimbang sisi positif dan negatif,dilihat dari sisi penyebab hilangnya keperawanan
Telah disebutkan beberapa manfaat dan mudharat dalam pengembalian keperawanan secara umum. Akan tetapi dalam kenyataannya, masalah ini berbeda-beda sesuai dengan perbedaan penyebab hilangnya selaput dara itu sendiri. Untuk mengetahui hal itu, terbagi memjadi tiga penyebabnya:
Bagian pertama: sebab yang tidak dianggap maksiat
Penyebab yang tidak dianggap sebagai kemaksiatan, dan tidak mengakibatkan dosa diakhirat, bahkan bisa menjadi sebab turunnya maghfirah, karena ia merupakan kecelakaan, kesalahan dan musibah yang menimpa seorang gadis sehingga mengakibatkan hilangnya keperawanannya.
            Dengan demikian, mengembalikan sobeknya selaput dara karena sebab-sebab diatas merupakan upaya untuk mewujudkan kemashlahatan.
            Adapun mudharat dari pengembalian keperawanan ini bagi si gadis sangat kecil bila dibandingkan denagn kemashlahatannya. Adapun penjelasanya sebagai berikut:
·  Jenis pertama dari mudharat yang telah disebutkan adalah penipuan terhadap suami, tidak terwujud dalam hal ini. Karena penipuan adalah menyembunyikan aib dari sesuatu dan memunculkannya seakan-akan aib itu tidak ada ketika dihadapan si peminta, yang akhirnya mengakibatkan kerugian bagi si peminta. Maka hal ini tidak dianggap sebagai penipuan atas suami.
Dari segi fiqih, hampir semua fuqaha sepakat bahwa tiadanya keperawanan tidak dianggap aib yang mengharuskan batalnya pernikahan jika hal itu tidak disyari’atkan oleh suami secara jelas. Maka si suami tidak berhak untuk membatalkan pernikahan menurut mayoritas fuqaha. Karena menurut mereka perawan ialah yang belum pernah digauli.
Operasi selaput dara yang tidak disebabkan kemaksiatan tidak berarti meniadakan hak seseorang dan tidak ada unsur penipuan didalamnya.
·         Tidak diragukan bahwa pemgembalian selaput dara yang sobek karena sebab-sebab yang telah disebutkan  ini tidak berarti akan mendorong perbuatan keji. Karena si gadis yang mendapati bahwa keperawanannya telah hilang, dan pintu untuk mengembalikannya telah tertutup, maka dia akan lebih dekat kepada bisikan setan dan perbuatan keji.
·         Sedangkan madharat membuka aurat dan melihatnya tidak diragukan adanya dalam pengembalian selaput dara, apapun sebab sobeknya. Namun hal itu dibolehkan,  jika untuk kepentingan berkhitan, pengobatan, kesaksian atas aib, dan melihat kemaluan orang yang berzina untuk menjalankan hudud Allah, jikalau yang melihat itu cakap dalam hal kesaksian tentang zina dan lengkap jumlahnya.
Jadi selaput dara hukumnya boleh untuk menutupi aib gadis tersebut. Seandainaya kemudharatan yang diakibatkan karena dokter tidak mau melakukan operasi pengembalian selaput dara, seperti yang telah dijelaskan diatas, tidak mengandung unsur kelemahan dan benar-benar terjadi,maka sangat mungkin bagi kita untuk mengatakan bahwa operasi pengembalian keperawanan itu hukumnya wajib. [10]   

KESIMPULAN
Utuh tidaknya selaput dara tidak dapat menjadi patokan untuk menentukan keperawanan seseorang. Jauh lebih penting, coba berikan pendidikan seksual sejak dini sehingga tiap wanita, terutama para remaja, dapat menghargai tubuhnya dan bertanggung jawab atas aktivitas seksualnya.
DAFTAR PUSTAKA
Abi Ja’far Muhammad bin Jarir Athobarrti, Tafsir Athobari (Darussalam: Al-qohiro, 2009) Jil.10
Dr. M. Nu’aim Dr. M. Nu’aim Yasin, Fiqih Kedokteran, (Cairo: Darus Salam, 1421 H),  cet.1
Mu’jam  alwasthu: jil.1
KBBI
Prof. DR. Wahba Zuhaili, Fiqih Islam Wa Adilahtuhu ( Jakarta: Darur Fikr. 2011) jil.7
Ramuan obat herbal. Com/ blok/4 sebab keperawanan hilang


[1] Mu’jam  alwasthu: jil.1.hal.87
[2] kbbi
[3] Abi Ja’far Muhammad bin Jarir Athobarrti, Tafsir Athobari (Darussalam: Al-qohiro, 2009) Jil.10 hal.8108
[4] Dr.M.Nu’im Yasin, Fiqih Kedokteran (Pustaka Al-Kausar: Jakarta, 2001 hal.237
[5]Prof. DR. Wahba Zuhaili, Fiqih Islam Wa Adilahtuhu ( Jakarta: Darur Fikr. 2011)jil.7, hal. 302
[6] Kbbi
[7] Prof. DR. Wahba Zuhaili, Fiqih Islam Wa Adilahtuhu ( Jakarta: Darur Fikr. 2011)jil.7, hal 294
[8] Prof. DR. Wahba Zuhaili, Fiqih Islam Wa Adilahtuhu ( Jakarta: Darur Fikr. 2011)jil.7, hal 295
[9] Ramuan obat herbal. Com/ blok/4 sebab keperawanan hilang (rabu 19,08,2015)

[10] Dr. M. Nu’aim Dr. M. Nu’aim Yasin, Fiqih Kedokteran, (Cairo: Darus Salam, 1421 H),  cet.1, hal. 238-252







Diedit kembali oleh Novika Siti Nur Hidayah

3 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    Wah.....
    Mau jadi editor juga nih,

  1. Friska amelian mengatakan...:

    http://mybloggeroperaqq.blogspot.com/2018/04/4-cara-meraih-keberuntungan-asmara.html

    http://mybloggeroperaqq.blogspot.com/2018/02/seks-antara-keponakan-dan-om.html

    http://mybloggeroperaqq.blogspot.com/2018/01/5-tips-seks-manfaatkan-film-porno-untuk.html

    ♥ ♠ ♦ ♣ OPERAQQ. INFO ♥ ♠ ♦ ♣
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari OperaQQ.info :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar66
    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami OperaQQ .info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan OperaQQ. info :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - Operaqq. info Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.
    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon
    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Operaqq.info ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : BDB43A66
    - WHATSAPP :+855 964 93 0279
    - LINE : operaqq
    Link Alternatif :
    - www.opera99.com
    - www.operaqq.info
    - www.operaqq.org
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www lagi boss ^_^

Posting Komentar