DAMPAK BERKATA NEGATIF PADA ANAK




Jika kita bicara soal anak, mungkin sebagian dari kita langsung teringat akan kenakalan-kenakalan yang dilakukan oleh anak-anak kita. Tapi, sadarkah kita para orang tua??? kenakalan yang dilakukan oleh anak-anak kita kemungkinan salah satu penyebabnya terdapat pada diri kita sendiri, salah satunya yaitu mengucapkan kata-kata negatif ketika sang anak melakukan suatu kenakalan.
Namun, kebanyakan dari para orang tua tidak mengetahui dampak yang akan ditimbulkan dari perkataan negatif tersebut. Ketahuilah wahai para orang tua, bahwasannya disetiap kepala anak terdapat lebih dari 10 triliyun sel otak yang siap berkembang. Akan tetapi satu bentakan, perkataan kasar, atau makian yang terucap dari lisan orang tua akan berakibat fatal, yaitu dapat membunuh lebih dari satu miliyar sel otak pada saat itu juga.
Dampak lain yang tak kalah memprihatinkan adalah pembentukan sikap anak dikemudian hari, yaitu anak akan tumbuh menjadi seorang pribadi yang kasar, susah di atur, pemarah, namun kadangkala anak akan menjadi pribadi yang pendiam dan pemurung. Mengapa semua itu dapat berpengaruh pada perkembangan sikap anak??? Karena pada usia anak-anak daya tangkap mereka berada pada puncaknya, atau yang  biasa disebut dengan golden age (masa keemasan), terutama pada anak usia 0-6 tahun. Ketika si kecil melakukan suatu kesalahan dan pada saat itu juga orang tua memarahi anak dengan mengucapkan kata-kata kasar, maka otak anak akan menyerap kata-kata tersebut, dan akan mengingatnya, yang akhirnya ia akan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam islam, ucapan orang tua merupakan sebuah do’a bagi anaknya. Dan do’a orang tua adalah maqbul (diterima) disisi Allah SAW. Oleh karena itu, bagi setiap orang tua harus menjaga lisannya ketika berbicara kepada anaknya. Sedikit saja orangtua salah berbicara, maka itu akan menjadi sebuah do’a bagi sang anak. Dengan demikian, marilah wahai para orang tua perbaikilah cara anda dalam menghapi kenakalan sang buah hati, dan berlaku bijaklah dalam menegur buah hati, dan satu yang menjadi titik berat dalam makalah ini, hindarilah menggunakan kata-kata negatif yang dapat membunuh sel-sel otak anak yang baru mulai berkembang.

0 komentar:

Posting Komentar